Isi Artikel Utama

Abstrak

Laboratorium mempunyai peranan yang sangat strategis dalam melindungi kesehatan masyarakat dengan menjamin mutu dan keamanan obat dan  makanan, termasuk kosmetikyang beredar di masyarakat. Pusat Pengembangan Pengujian Obat dan Makanan Nasional (PPPOMN) sebagai laboratorium pusat Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terus mengembangkan metode analisis (MA) pengujian kosmetika yang handal, selektif, sensitif dan akurat seiring dengan perkembangan teknologi formulasi kosmetik. Namun, hingga saat ini laboratorium kosmetik, baik di Badan POM maupun laboratorium eksternal masih dihadapkan pada keterbatasan sumber daya manusia maupun sarana dan prasarana dalam melakukan pengembangan MA dan pengujian sampel produk kosmetik yang beredar. Untuk itu diperlukan perkuatan laboratorium pengujian kosmetikantara lain melalui jejaring dengan melibatkan stakeholder terkait. Saat ini jejaring laboratorium pengujian kosmetik yang sudah diikuti oleh Indonesia secara aktif adalah ASEAN Cosmetic Testing Laboratories Committee (ACTLC) dan Jejaring Laboratorium Kosmetik Indonesia (JLKI). Salah satu peran Indonesia di ACTLC dalam hal ini didelegasikan kepada PPPOMN adalah menjadi negara yang bertanggung jawab dalam pengembangan MA cemaran 1,4-Dioksan dalam kosmetik menjadi ASEAN Cosmetic Method (ACM) yang baru. Saat ini PPPOMN dan BSN serta Kementerian dan Laboratorium Eksternal yang tergabung dalam JLKI sedang berproses melakukan harmonisasi MA 1,4-Dioksan pada tingkat nasional berupa penerbitan Standar Nasional Indonesia (SNI). Dengan adanya SNI dan ACM ini seluruh laboratorium memiliki metode analisis standar untuk menjamin keamanan dan mutu produk kosmetik yang beredar serta meningkatkan daya saing produk bangsa. Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari  metode penguatan pengawasan pre market kosmetik oleh industri dan laboratorium eksternal melalui harmonisasi MA 1,4 Dioksan di tingkat nasional maupun regional ASEAN.. Penelitian ini disusun dengan menggunakan pendekatan metode kualitatif berdasarkan data internal BPOM maupun data stakeholder yang terkait regulasi dan kemampuan pengujian 1,4-Dioksan tingkat nasional maupun regional.

Kata Kunci

1.4-Dioxane Cosmetic Pre-market Surveillance Laboratory Network Indonesian FDA 1.4-Dioksan Kosmetik Pengawasan pre-market Jejaring laboratorium BPOM

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Arpan, S. G., Sri Purwaningsih, Hasti Kusuma, Lusianti, E., & Yustina, Y. (2024). Harmonisasi Metode Analisis Pengujian Cemaran 1,4-Dioksan dalam Kosmetik sebagai Upaya Memperkuat Pengawasan Pre-Market Melalui Jejaring Laboratorium Kosmetik di Indonesia. Eruditio : Indonesia Journal of Food and Drug Safety, 4(2), 88–104. https://doi.org/10.54384/eruditio.v4i2.187

Referensi

  1. Agency for Toxic Substances and Disease Registry. 2012. Public Health Statement for 1,4 Dioxane. https://www.atsdr.cdc.gov/tp187–c1-b
  2. ASEAN. 2019. ASEAN Guidelines on Limits of Contaminants for Cosmetics Version 3.0.
  3. Castor K, Fernando S, Taylor A. 2021. Quantifying 1,4-dioxane in personal care, cosmetic, and cleaning products. Chemical and engineering news webinar. Virtual: American Chemical Society.
  4. Commission, E. (n.d.). Public Health. Retrieved from Scientific Committees: https://health.ec.europa.eu/scientific-committees_en#:~:text=Scientific%20Committee%20on%20Consumer%20Safety,tattooing%2C%20artificial%20sun%20tanning. Diakses tanggal 28 Oktober 2023.
  5. Dutch Expert Committee on Occupational Safety, Health Council of the Netherlands. 78 pp, 2011. https://www.healthcouncil.nl/documents/advisory-reports/2011/06/24/1-4-dioxane-health-based-recommended-occupational-exposure-limit.
  6. Health Canada. 2010. https://www.canada.ca/en/health-canada/services/chemical-substances/challenge/batch-7/1-4-dioxane.html. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2023.
  7. Hayes, D. G., Williams, M., Pechacek, N., Hebert, B., & Stanton, K. 2022. Precise measurement of 1,4-dioxane concentration in cleaning products: A review of the current state-of-the-art. Journal of Surfactants and Detergents, 25(6), 729-741. https://doi.org/10.1002/jsde.12633
  8. Indonesian FDA. 2008. Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat Dan Makanan Republik Indonesia No. HK.00.05.42.1018 Tentang Bahan Kosmetik tahun 2008 tentang Bahan Kosmetik
  9. Indonesian FDA. 2015. Peraturan Kepala Badan POM No. 8 Tahun 2015 tentang Persyaratan Teknis Bahan Kosmetika.
  10. Indonesian FDA. 2019. Peraturan Badan Pengawas Obat Dan Makanan No. 23 Tahun 2019 tentang Persyaratan Teknis Bahan Kosmetika.
  11. Indonesian FDA. 2019. Peraturan Badan Pengawas Obat Dan Makanan Nomor 12 Tahun 2019 tentang Cemaran Dalam Kosmetika.
  12. Indonesian FDA. 2022. Peraturan Badan Pengawas Obat Dan Makanan No. 17 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Badan Pengawas Obat Dan Makanan Nomor 23 Tahun 2019 Tentang Persyaratan Teknis Bahan Kosmetika.
  13. Indonesian FDA. 2022. Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan No. 21 tahun 2022 tentang Tata Cara Pengajuan Notifikasi Kosmetika.
  14. Indonesian FDA. 2022. Regionalisasi Laboratorium BPOM. Majalah POM Edisi XII/2022.
  15. Indonesian FDA, ____. Harmonisasi ASEAN di Bidang Kosmetik. https://www.pom.go.id/berita/harmonisasi-asean-di-bidang-kosmetik. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2023.
  16. Indonesian FDA Provincial Office at Surabaya. 2022. Laporan Tahunan Balai Besar POM di Surabaya Tahun 2022. https://www.pom.go.id/storage/sakip/Laporan%20Tahunan%202022%20BBPOM%20Surabaya.pdf. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2023.
  17. Indonesian FDA Provincial Office at Aceh. 2022. Laporan Tahunan 2022 BBPOM di Banda Aceh. https://www.pom.go.id/storage/sakip/Laporan%20Tahunan%202022%20BBPOM%20Banda%20Aceh.pdf. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2023.
  18. Indonesian FDA Provincial Office at Jakarta. 2022. Laporan Tahunan 2022 Balai Besar POM di Jakarta. https://www.pom.go.id/storage/sakip/Laporan%20Tahunan%202022%20BBPOM%20Jakarta.pdf. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2023.
  19. Indonesian FDA Provincial Office at Banjarmasin. 2022. Laptah 2022 Balai Besar POM di Banjarmasin. https://www.pom.go.id/storage/sakip/Laporan%20Tahunan%202022%20BBPOM%20Banjarmasin.pdf. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2023.
  20. Indonesian FDA Provincial Office at Jayapura. 2022. Laporan Tahunan Balai Besar POM di Jayapura 2022. https://www.pom.go.id/storage/sakip/Laporan%20Tahunan%202022%20BBPOM%20Jayapura.pdf. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2023.
  21. Indonesian FDA Provincial Office at Medan. 2022. Laporan Tahunan 2022 BBPOM di Medan. https://www.pom.go.id/storage/sakip/Laporan%20Tahunan%202022%20BBPOM%20Medan.pdf. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2023.
  22. Indonesian FDA Provincial Office at Padang. 2022. Laporan Tahunan 2022 BBPOM di Padang. https://www.pom.go.id/storage/sakip/Laporan%20Tahunan%202022%20BBPOM%20Padang.pdf. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2023.
  23. Indonesian FDA Provincial Office at Mataram. 2022. Laporan Tahunan 2022 BBPOM di Mataram. https://www.pom.go.id/storage/sakip/Laporan%20Tahunan%202022%20BBPOM%20Mataram.pdf. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2023.
  24. Indonesian FDA Provincial Office at Palembang. 2022. Laporan Tahunan 2022 BBPOM di Palembang. https://www.pom.go.id/storage/sakip/Laporan%20Tahunan%202022%20BBPOM%20Palembang.pdf. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2023.
  25. Indonesian FDA Provincial Office at Pontianak. 2022. Laporan Tahunan 2022 BBPOM di Pontianak. https://www.pom.go.id/storage/sakip/Laporan%20Tahunan%202022%20BBPOM%20Pontianak.pdf. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2023.
  26. Indonesian FDA Provincial Office at Samarinda. 2022. Laporan Tahunan 2022 BBPOM di Samarinda. https://www.pom.go.id/storage/sakip/Laporan%20Tahunan%202022%20BBPOM%20Samarinda.pdf. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2023.
  27. Indonesian FDA Provincial Office at Kendari. 2022. Laporan Tahunan 2022 BPOM di Kendari. https://www.pom.go.id/storage/sakip/Laporan%20Tahunan%202022%20Balai%20POM%20Kendari.pdf. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2023.
  28. Indonesian FDA Provincial Office at Kupang. 2022. Laporan Tahunan 2022 BPOM di Kendari. https://www.pom.go.id/storage/sakip/Laporan%20Tahunan%202022%20Balai%20POM%20Kupang.pdf. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2023.
  29. Indonesian FDA Provincial Office at Gorontalo. 2022. Laporan Tahunan 2022 BPOM di Gorontalo. https://www.pom.go.id/storage/sakip/Laporan%20Tahunan%202022%20Balai%20POM%20Gorontalo.pdf. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2023.
  30. Indonesian FDA Provincial Office at Bengkulu. 2022. Laporan Tahunan 2022 BPOM di Bengkulu. https://www.pom.go.id/storage/sakip/Laporan%20Tahunan%202022%20Balai%20POM%20Bengkulu.pdf. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2023.
  31. Indonesian FDA Provincial Office at Pangkalpinang. 2022. Laporan Tahunan 2022 BPOM di Pangkalpinang. https://www.pom.go.id/storage/sakip/Laporan%20Tahunan%202022%20Balai%20POM%20Pangkalpinang.pdf. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2023.
  32. Indonesian FDA Provincial Office at di Palu. 2022. Laporan Tahunan 2022 Balai POM di Palu. https://www.pom.go.id/storage/sakip/Laporan%20Tahunan%202022%20Balai%20POM%20Palu.pdf. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2023.
  33. International Agency for Research on Cancer, 1,4-Dioxane, pages 593 and 599. http://monographs.iarc.fr/ENG/Monographs/vol71/mono71-25.pdf
  34. Pubchem. ____. Compound Summary Dioxane. https://pubchem.ncbi.nlm.nih.gov/compound/Dioxane. Diakses pada tanggal 29 Oktober 2023.
  35. Ramos, P. R. (n.d.). Dioxane in consumer products: Is the guidance changing? https://www.rssl.com/insights/food-consumer-goods/dioxane-in-consumer-products-is-the-guidancechanging/#:~:text=This%20law%20limits%20the%20dioxane,by%2031st%20December%202023. Diakses tanggal 28 Oktober 2023.
  36. Ron Honnold, Fernando, S., Haddad-Carroll, A., Honnold, R., Jones, S., Coleman, S., Hendrick, J., & Conjelko, T. (2021). Application Note Consumer Products. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.27600.23042
  37. Scientific Committee on Consumer Safety (SCCS). 2015. Scientific Opinion on The Report of the ICCR Working Group: Considerations on Acceptable Trace Level of 1,4-Dioxane in Cosmetic Products.
  38. Sujan Fernando, S, Haddad-Carroll, A, Honnold, R, Jones, S, Coleman, S, Hendrick, J, dan Conjelko, T. ____. Application Note : Analysis of 1,4-Dioxane in Consumer Products by Headspace-Gas Chromatography/Mass Spectrometry.
  39. Taiwan FDA. 2018. Cosmetic Hygiene and Safety Act and Relevant Laws. https://www.fda.gov.tw/tc/includes/GetFile.ashx?id=f638108611765076453. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2023.
  40. U.S. Food and Drug Administration (FDA). 2022. https://www.fda.gov/cosmetics/potential-contaminants-cosmetics/14-dioxane-cosmetics-manufacturing-byproduct#:~:text=In%20an%20independent%20risk%20assessment,levels%20of%20%E2%89%A410%20ppm. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2023.
  41. U.S. Environmental Protection Agency (U.S. EPA) http://clu-in.org/contaminantfocus/default.focus/sec/14-dioxane/cat/policy_and_guidance/.Diakses pada tanggal 27 Oktober 2023.
  42. Wilbur S, Jones D, Risher JF, et al. 2012. Toxicological Profile for 1,4-Dioxane. Atlanta (GA): Agency for Toxic Substances and Disease Registry (US); Apr. 7, Analytical Methods.
  43. Zhou, W. 2019. The determination of 1,4-dioxane in cosmetic products by gas chromatography with tandem mass spectrometry. Journal of Chromatography A, 1607, 460400. https://doi.org/10.1016/j.chroma.2019.460400