Isi Artikel Utama
Abstrak
Kesadaran masyarakat tentang pentingnya obat dan makanan yang aman sangatlah vital. Namun produk yang beredar masih memiliki potensi untuk tidak aman, sehingga masyarakat perlu dibekali pengetahuan tentang produk yang aman melalui Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE). Sering kemajuan teknologi informasi dan peningkatan jumlah pengguna internet, KIE dapat dilakukan melalui media elektronik dan media sosial untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Salah satu media KIE yang digunakan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Ambon adalah melalui Instagram. Instagram berpotensi menjadi media untuk berkomunikasi, menyebarkan informasi, dan mengedukasi masyarakat tentang obat dan makanan aman. Namun diperlukan analisis terhadap keterlibatan pengguna Instagram (engagement) terhadap format konten yang dibuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui engagement pengguna Instagram terhadap format konten di akun Instagram BPOM di Ambon menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Variabel terikat penelitian adalah format konten (video, foto, infografis) dan variabel bebas adalah engagement (like, comment, save, share). Analisis engagement dilakukan terhadap 509 postingan selama tahun 2023, terdiri dari 51 (10,02%) format konten video, 174 (34,19%) foto, dan 284 (55,80%) infografis. Hasil analisis menunjukkan format konten foto memiliki engagement lebih tinggi dibandingan video dan infografis dengan rata-rata jumlah like (25,03), save (0,29), dan share (0,69). Sedangkan format konten video memiliki rata-rata jumlah comment lebih tinggi dibandingkan foto dan infografis sebanyak 0,14. Kesimpulan penelitian ini bahwa konten foto dan video memiliki engagement lebih tinggi sehingga bisa dipilih sebagai konten prioritas untuk meningkatkan engagement pengikut di akun Instagram BPOM di Ambon.
Kata Kunci
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
- Arifah, N., & Anggapuspa, M. (2023). Pengaruh Elemen Visual Pada Konten Instagram Rintik Sedu Dalam Meraih Engagement Audiens. Jurnal Barik, 4(3): 141–151. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/51054
- Aulia F. Putra, Hafiar, H., Sani Anwar. (2020). Pengelolaan Aktivitas Media Sosial Akun Instagram @ Misterbrewok Oleh Tim Media Sosial Misterbrewok. Progressio, I (I): 1–16. http://dx.doi.org/10.52429/progressio.v1i1.381.
- Badan Pengawas Obat dan Makanan. (2020). Peraturan Badan Pengawas Obat Dan Makanan Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Badan Pengawas Obat Dan Makanan Tahun 2020-2024. Jakarta
- Balai POM di Ambon. (2024). Laporan Tahunan BPOM di Ambon Tahun 2023. Ambon.
- Bonilla-Quijada, M., Del Olmo, J. L., Andreu, D., dan Ripoll, J. (2023). Customer Engagement On Instagram For Luxury Fashion Brands: An Empirical Comparative Analysis. Cogent Social Sciences, 9(1). https://doi.org/10.1080/23311886.2023.2235169.
- Emeilia, R. I., Andhikasari, R., Muntazah, A., N., dan Aziz, A. (2024). Workshop Penggunaan Instagram Sebagai Strategi Bisnis Pemasaran Digital Bagi Rismada (Remaja Masjid Raudhatul Huda). Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 31–41. http://doi.org/10.47233/jpmittc.v3i1.1515.
- Hellberg, M. (2015). Visual Brand Communication on Instagram: A Study On Consumer Engagement. Helsinki: Penerbit Department of Marketing Hanken School of Economics.
- Santoso, Amanda. P., Baihaqi Imam dan Persada Satria F. (2017). Pengaruh Konten Post Instagram terhadap Online Engagement: Studi Kasus Pada Lima Merek Pakaian Wanita. Jurnal Teknik ITS, 6 (1): A-217-A-221.
- Saraswati, D. A., dan Hastasari, C. (2020). Strategi Digital Content Marketing pada Akun Media Sosial Instagram Mojok.co Dalam Mempertahankan Brand Engagement. Biokultur, 9(2): 152. http://dx.doi.org/10.20473/bk.v9i2.22980.
- Sinaga, Dorothea, L & Rossi, Fetty & Firmansyah, Riza. (2024). Pemanfaatan Platform Instagram @desawisatasayan Sebagai Media Promosi di Desa Wisata Sayan. Jurnal Altasia. 6(1): 75-87. https://doi.org/10.37253/altasia.v6i1.9011.
- Wijayanti, A. Y. (2022). Analisis User Engagement pada Akun Instagram Perpustakaan di Masa Covid-19. Jurnal Pustaka Ilmiah, 8(2): 48. https://dx.doi.org/10.20961/jpi.v8i2.62061.
- https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/04/12/peta-penetrasi-dan-kontribusi-internet-indonesia-2024-jawa-tertinggi (diakses pada tanggal 03 Mei 2024).
Referensi
Arifah, N., & Anggapuspa, M. (2023). Pengaruh Elemen Visual Pada Konten Instagram Rintik Sedu Dalam Meraih Engagement Audiens. Jurnal Barik, 4(3): 141–151. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/51054
Aulia F. Putra, Hafiar, H., Sani Anwar. (2020). Pengelolaan Aktivitas Media Sosial Akun Instagram @ Misterbrewok Oleh Tim Media Sosial Misterbrewok. Progressio, I (I): 1–16. http://dx.doi.org/10.52429/progressio.v1i1.381.
Badan Pengawas Obat dan Makanan. (2020). Peraturan Badan Pengawas Obat Dan Makanan Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Badan Pengawas Obat Dan Makanan Tahun 2020-2024. Jakarta
Balai POM di Ambon. (2024). Laporan Tahunan BPOM di Ambon Tahun 2023. Ambon.
Bonilla-Quijada, M., Del Olmo, J. L., Andreu, D., dan Ripoll, J. (2023). Customer Engagement On Instagram For Luxury Fashion Brands: An Empirical Comparative Analysis. Cogent Social Sciences, 9(1). https://doi.org/10.1080/23311886.2023.2235169.
Emeilia, R. I., Andhikasari, R., Muntazah, A., N., dan Aziz, A. (2024). Workshop Penggunaan Instagram Sebagai Strategi Bisnis Pemasaran Digital Bagi Rismada (Remaja Masjid Raudhatul Huda). Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 31–41. http://doi.org/10.47233/jpmittc.v3i1.1515.
Hellberg, M. (2015). Visual Brand Communication on Instagram: A Study On Consumer Engagement. Helsinki: Penerbit Department of Marketing Hanken School of Economics.
Santoso, Amanda. P., Baihaqi Imam dan Persada Satria F. (2017). Pengaruh Konten Post Instagram terhadap Online Engagement: Studi Kasus Pada Lima Merek Pakaian Wanita. Jurnal Teknik ITS, 6 (1): A-217-A-221.
Saraswati, D. A., dan Hastasari, C. (2020). Strategi Digital Content Marketing pada Akun Media Sosial Instagram Mojok.co Dalam Mempertahankan Brand Engagement. Biokultur, 9(2): 152. http://dx.doi.org/10.20473/bk.v9i2.22980.
Sinaga, Dorothea, L & Rossi, Fetty & Firmansyah, Riza. (2024). Pemanfaatan Platform Instagram @desawisatasayan Sebagai Media Promosi di Desa Wisata Sayan. Jurnal Altasia. 6(1): 75-87. https://doi.org/10.37253/altasia.v6i1.9011.
Wijayanti, A. Y. (2022). Analisis User Engagement pada Akun Instagram Perpustakaan di Masa Covid-19. Jurnal Pustaka Ilmiah, 8(2): 48. https://dx.doi.org/10.20961/jpi.v8i2.62061.
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/04/12/peta-penetrasi-dan-kontribusi-internet-indonesia-2024-jawa-tertinggi (diakses pada tanggal 03 Mei 2024).