Isi Artikel Utama
Abstrak
Pangan merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat. Salah satu hal yang mempengaruhi konsumsi produk pangan olahan yaitu iklan. Bagi pelaku usaha, iklan adalah salah satu sarana untuk memperkenalkan produknya, sedangkan bagi konsumen merupakan salah satu cara untuk mengetahui informasi terkait produk tersebut. Namun terkadang pelaku usaha melakukan promosi/iklan yang tidak sesuai dengan ketentuan. Salah satu tugas Badan Pengawas Obat dan Makanan yaitu melakukan pengawasan terhadap iklan produk pangan olahan yang beredar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil pengawasan iklan produk pangan olahan yang terdapat di Provinsi DKI Jakarta selama periode tahun 2021 - 2023. Data yang dianalisis berupa data sekunder yang diperoleh dari laporan hasil pengawasan iklan produk pangan olahan yang dilakukan oleh Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Jakarta. Data dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui gambaran hasil pengawasan. Hasilnya diketahui iklan produk pangan olahan yang tidak memenuhi ketentuan (TMK) sebanyak 1468 (77,7%) dari total 1890 iklan yang dievaluasi. Jenis media yang paling banyak ditemukan pelanggaran ialah pada media daring sebanyak 1424 (97%), media luar ruang 39 (2,7%) dan media cetak (leaflet) 5 (0,3%). Jenis pelanggaran tertinggi yaitu iklan dengan klaim kesehatan yang tidak sesuai ketentuan sebanyak 1110 (75,7%), iklan menyesatkan 175 (11,9%), iklan produk pangan yang tidak boleh diiklankan selain pada media kesehatan 160 (10,9%), iklan dengan kalimat superlatif 21 (1,4%) dan iklan yang melanggar norma 1 (0,1%). Pelanggaran iklan berdasarkan kategori pangan diperoleh 3 kategori tertinggi dari 16 kategori pangan yaitu produk minuman (kategori 14) sebanyak 1149 (78,3%) disusul produk susu dan analognya (kategori 1) sebanyak 66 produk (4,5%) serta produk gula dan pemanis, termasuk madu (kategori 11) sebanyak 49 produk (3,3%).
Kata Kunci
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
- mini, M., Ghodsi, D., Zargaraan, A., Alibeyk, S., & Hajigholam-Saryazdi, M. 2023. Violation of Food Advertising Regulations in Iran: A Systematic Review. International journal of preventive medicine, 14: 91. https://doi.org/10.4103/ijpvm.ijpvm_509_21
- Dianta H. 2015. Peran internet dalam saluran distribusi pemasaran produk UMKM. Research Report-Humanities and Social Science. Vol 2.
- Direktorat Pengawasan Peredaran Pangan Olahan. 2023. Overview Hasil Laporan Iklan Pangan UPT Badan POM Tahun 2020-2022.
- https://www.bps.go.id/id/publication/2023/09/18/f3b02f2b6706e104ea9d5b74/statistik-ecommerce-2022-2023.html (diakses pada tanggal 3 Mei 2024)
- https://www.pom.go.id/kinerja/rencana-kerja (diakses pada tanggal 3 Mei 2024)
- https://www.statista.com/topics/5742/e-commerce-in-indonesia/#topicOverview (diakses pada tanggal 4 Mei 2024)
- Iswara, Anissa Intan (2022) Persepsi Konsumen Terhadap Produk Minuman Dengan Klaim Kandungan Zat Gizi. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie. https://repository.bakrie.ac.id/6378/
- Jindarattanaporn, N., Kelly, B., & Phulkerd, S. 2024. A comparative analysis of unhealthy food and beverage television advertising to children in Thailand, between 2014 and 2022. Globalization and health, 20(1), 2. https://doi.org/10.1186/s12992-023-01007-7
- Kuswanto H, Hadi Pratama WB, Ahmad IS. 2020. Survey data on students’ online shopping behaviour: A focus on selected university students in Indonesia. Data in Brief [Internet]. 29:105073. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2352340919314295
- Keputusan Kepala Badan POM No. HK.02.01.1.2.05.20.166 tahun 2020 tentang Pedoman Tindak Lanjut Pengawasan Pangan di Lingkungan Badan Pengawas Obat dan makanan
- Laporan Tahunan Badan Pengawas Obat dan Makanan Tahun 2023
- Laporan Tahunan Balai Besar POM di Jakarta Tahun 2022
- Maganja, D., de Carle, M., Davies, T. et al. 2024. Healthiness of food products promoted through placement strategies in Australian online supermarkets: a cross-sectional study. BMC Med 22, 341. https://doi.org/10.1186/s12916-024-03557-y
- Mediano Stoltze, F., Correa, T., Corvalán Aguilar, C. L., Taillie, L. S., Reyes, M., & Dillman Carpentier, F. R. 2024. Beverage industry TV advertising shifts after a stepwise mandatory food marketing restriction: achievements and challenges with regulating the food marketing environment. Public Health Nutrition, 27(1), e26. doi:10.1017/S1368980023002872
- Nugraheni AP, Purba S, Riani D. 2021. Analisis Hasil Pengawasan Iklan/Promosi Suplemen Kesehatan Sebelum dan Selama Masa Pandemi COVID-19. Eruditio: Indonesia Journal of Food and Drug Safety. Nov 30;1(2):36-43.
- Pedoman Implementasi Periklanan Pangan Olahan Badan Pengawas Obat dan Makanan Tahun 2022.
- Peraturan Badan Pengawas Obat Dan Makanan Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Pengawasan Klaim Pada Label Dan Iklan Pangan Olahan.
- Peraturan Badan Pengawas Obat Dan Makanan Nomor 6 Tahun 2021 tentang Pengawasan Periklanan Pangan Olahan.
- Peraturan Badan Pengawas Obat Dan Makanan Nomor 13 Tahun 2023 tentang Kategori Pangan.
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 1999 tentang Label dan Iklan Pangan. Lembaran Negara Republik Indonesia.
- Puspikawati, S. I., Dewi, D. M. S. K., Astutik, E., Kusuma, D., Melaniani, S., & Sebayang, S. K. 2021. Density of outdoor food and beverage advertising around gathering place for children and adolescent in East Java, Indonesia. Public health nutrition, 24(5), 1066–1078. https://doi.org/10.1017/S1368980020004917
- Trijayanti, L. & Gani, A. 2023. Efektivitas Kebijakan Pemasaran Iklan Makanan Dan Minuman Tidak Sehat Dalam Rangka Pencegahan Dan Pengendalian Diabetes Melitus: Literature Review. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 15(1), 37-43.
- Wahyuniar, Lely & Karyadi, L. 2020. Pengaruh Iklan Makanan/Minuman/Suplemen Vitamin-Mineral di TV terhadap Pola Konsumsi Remaja di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal. 11. 95-113. 10.34305/jikbh.v11i1.152.
Referensi
mini, M., Ghodsi, D., Zargaraan, A., Alibeyk, S., & Hajigholam-Saryazdi, M. 2023. Violation of Food Advertising Regulations in Iran: A Systematic Review. International journal of preventive medicine, 14: 91. https://doi.org/10.4103/ijpvm.ijpvm_509_21
Dianta H. 2015. Peran internet dalam saluran distribusi pemasaran produk UMKM. Research Report-Humanities and Social Science. Vol 2.
Direktorat Pengawasan Peredaran Pangan Olahan. 2023. Overview Hasil Laporan Iklan Pangan UPT Badan POM Tahun 2020-2022.
https://www.bps.go.id/id/publication/2023/09/18/f3b02f2b6706e104ea9d5b74/statistik-ecommerce-2022-2023.html (diakses pada tanggal 3 Mei 2024)
https://www.pom.go.id/kinerja/rencana-kerja (diakses pada tanggal 3 Mei 2024)
https://www.statista.com/topics/5742/e-commerce-in-indonesia/#topicOverview (diakses pada tanggal 4 Mei 2024)
Iswara, Anissa Intan (2022) Persepsi Konsumen Terhadap Produk Minuman Dengan Klaim Kandungan Zat Gizi. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie. https://repository.bakrie.ac.id/6378/
Jindarattanaporn, N., Kelly, B., & Phulkerd, S. 2024. A comparative analysis of unhealthy food and beverage television advertising to children in Thailand, between 2014 and 2022. Globalization and health, 20(1), 2. https://doi.org/10.1186/s12992-023-01007-7
Kuswanto H, Hadi Pratama WB, Ahmad IS. 2020. Survey data on students’ online shopping behaviour: A focus on selected university students in Indonesia. Data in Brief [Internet]. 29:105073. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2352340919314295
Keputusan Kepala Badan POM No. HK.02.01.1.2.05.20.166 tahun 2020 tentang Pedoman Tindak Lanjut Pengawasan Pangan di Lingkungan Badan Pengawas Obat dan makanan
Laporan Tahunan Badan Pengawas Obat dan Makanan Tahun 2023
Laporan Tahunan Balai Besar POM di Jakarta Tahun 2022
Maganja, D., de Carle, M., Davies, T. et al. 2024. Healthiness of food products promoted through placement strategies in Australian online supermarkets: a cross-sectional study. BMC Med 22, 341. https://doi.org/10.1186/s12916-024-03557-y
Mediano Stoltze, F., Correa, T., Corvalán Aguilar, C. L., Taillie, L. S., Reyes, M., & Dillman Carpentier, F. R. 2024. Beverage industry TV advertising shifts after a stepwise mandatory food marketing restriction: achievements and challenges with regulating the food marketing environment. Public Health Nutrition, 27(1), e26. doi:10.1017/S1368980023002872
Nugraheni AP, Purba S, Riani D. 2021. Analisis Hasil Pengawasan Iklan/Promosi Suplemen Kesehatan Sebelum dan Selama Masa Pandemi COVID-19. Eruditio: Indonesia Journal of Food and Drug Safety. Nov 30;1(2):36-43.
Pedoman Implementasi Periklanan Pangan Olahan Badan Pengawas Obat dan Makanan Tahun 2022.
Peraturan Badan Pengawas Obat Dan Makanan Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Pengawasan Klaim Pada Label Dan Iklan Pangan Olahan.
Peraturan Badan Pengawas Obat Dan Makanan Nomor 6 Tahun 2021 tentang Pengawasan Periklanan Pangan Olahan.
Peraturan Badan Pengawas Obat Dan Makanan Nomor 13 Tahun 2023 tentang Kategori Pangan.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 1999 tentang Label dan Iklan Pangan. Lembaran Negara Republik Indonesia.
Puspikawati, S. I., Dewi, D. M. S. K., Astutik, E., Kusuma, D., Melaniani, S., & Sebayang, S. K. 2021. Density of outdoor food and beverage advertising around gathering place for children and adolescent in East Java, Indonesia. Public health nutrition, 24(5), 1066–1078. https://doi.org/10.1017/S1368980020004917
Trijayanti, L. & Gani, A. 2023. Efektivitas Kebijakan Pemasaran Iklan Makanan Dan Minuman Tidak Sehat Dalam Rangka Pencegahan Dan Pengendalian Diabetes Melitus: Literature Review. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 15(1), 37-43.
Wahyuniar, Lely & Karyadi, L. 2020. Pengaruh Iklan Makanan/Minuman/Suplemen Vitamin-Mineral di TV terhadap Pola Konsumsi Remaja di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal. 11. 95-113. 10.34305/jikbh.v11i1.152.